12.3.16

Tempat Wisata Tahura Sultan Syarif Hasyim - Riau

Destinasi Tempat Wisata Alam : Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim

Lokasi Tempat Wisata : Terletak di Jln. Yos Sudarso, Minas, Kabupaten Siak. Kawasan hutan berada di 3 kabupaten/kota Provinsi Riau, yakni Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, dan Kota Pekanbaru.

Provinsi                  : Riau


Gambaran Umum Tempat Wisata       
Penetapan Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim sebagai kawasan pelestarian alam berdasarkan SK Menteri Kehutanan dan Perkebunan No. 348/Kpts-II/1999 tanggal 26 Mei 1999 dengan luas 6.172 Ha. Sedangkan nama kawasan hutan ini diambil dari nama seorang Pahlawan Nasional kita asal Riau, yaitu Sultan Syarif Qasim. Penggunaan nama tersebut ditujukan untuk mengenang dan mengabadikan jasa Beliau sekaligus untuk menumbuhkan semangat nasionalisme kebangsaan kita para generasi muda.

Keanekaragaman Hayati
Kawasan ini memiliki aneka jenis flora dan fauna yang bahkan beberapa jenis diantaranya saat ini sudah sulit dijumpai seperti Meranti, Keruing, Kulim dengan ukuran diameter kayu yang sangat besar bisa mencapai 1 meter. Jenis flora lainnya yang sudah tercatat kurang lebih ada 127 jenis flora yang merupakan tumbuhan asli hutan ini yang didominasi dari family Dipterocarpaceae, Lauraceae, Euphorpeaceae, Myrtaceae, Anacardiaceae, Guttiferae, Sapotaceae. Sedangkan jenis fauna yang sudah terdaftar meliputi 42 jenis burung termasuk di dalamnya elang, enggang, beo. 4 jenis reptilia seperti ular, biawak, tokek, bunglon terbang, dan 16 jenis mamalia mencakup gajah Sumatera, harimau loreng Sumatera, tapir, babi hutan, beruk, siamang, beruang madu, landak, dan kijang. Ada yang menarik, diantara banyak jenis burung yang menghuni kawasan ini, ada satu jenis burung yang hanya ada di Sumatera yaitu burung Serindit Melayu.

Potensi Tempat Wisata
Panorama alam yang masih alami dan menggoda, membuat pesona kawasan ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik untuk tujuan penelitian khususnya bagi akademisi, pegiat lingkungan, mahasiswa, pelajar maupun untuk sekedar mengisi liburan bersama keluarga. Untuk kegiatan wisata hutan, para pengunjung dapat melakukan berbagai macam kegiatan rekreasi di tempat ini seperti olahraga sepeda melalui jalur sepeda gunung, motor trail, off-road, menelusuri hutan, berkemah. Bagi anda dan keluarga tidak perlu kuatir, karena lokasi wisata ini telah dilengkapi taman bermain bagi anak-anak seperti ayunan, seluncuran, outbond, jogging track, gazebo. Dan bagi para pecinta alam juga telah terdapat sarana Bumi Perkemahan. Tidak ketinggalan, pesona kawasan wisata ini semakin lengkap dengan adanya pusat konservasi gajah yang dapat anda jumpai di tempat ini.

Akses ke Tempat Wisata
Untuk mencapai kawasan ini dapat ditempuh dengan rute perjalanan Pekanbaru menuju Minas dengan jarak 25 km dari kota Pekanbaru dengan waktu tempuh perjalanan sekitar kurang lebih 30 menit.

Tempat Wisata Tahura Sultan Syarif Hasyim - Riau
sumber foto : skyscrapercity.com. all rights reserved.
Tempat Wisata Tahura Sultan Syarif Hasyim - Riau
sumber foto : skyscrapercity.com. all rights reserved.